Friday, August 31, 2007

Sinopsis buku" Mata Giok (The Eye of Jade) "

Mata Giok (The Eye of Jade)

Penulis: Diane Wei Liang
Halaman: 280
Penerbit: Dragon Writers (Pineapple Publishing)
ISBN: 978-979-16440-4

Sinopsis:

Sebuah novel berlatarbelakang Revolusi Kebudayaan dalam perspektif hari ini. Mei, karakter dalam novel ini adalah detektif partikelir, satu jenis pekerjaan yang tak jamak dijumpai di Cina Daratan. Mei mempunyai sekretaris pria, yang juga jarang terjadi di negara paternalistik ini. Hilangnya "Mata Giok" membuka mata tentang Peristiwa Tiannamen dan sebuah nilai keluarga Cina pada masa lalu.

Diane menuturkan dengan kata yang indah dan sederhana, tetapi novel ini menjadi yang tak biasa - karena diilatar belakangi Peristiwa Tiananmen, situasi politik Cina, dan Maoisme.

Tentang penulis:

Diane Wei Liang, bergelar Phd dari Carnegie Mellon, hari ini hidup antara London dan New York, mengajar Kajian Bisnis. Menulis memoar dengan pendekatan fiksi 'Lake with No Name' sebuah danau di tengah kampus Universitas Beijing, tempat Diane kuliah sebelum kabur keluar Cina. Diane menulis karakter Lara menyampaikan pesan bahwa manusia berubah, roda kehidupan bergulir terus, tumbuh, menikah, bertanggungjawab terhadap anak, dan mati. Bahwa semua kekacauan politis adalah sementara, dan akan segera menghilang.